JASA OUTSOURCE SDM
LATAR
BELAKANG
Oleh ketatnya persaingan saat
ini, bisnis harus lincah bergerak, efisien, fokus, dan jeli melihat peluang.
Perubahan cepat mengalir oleh inovasi
dan teknologi yang mengubah proses-proses bisnis. Perusahaan yang sudah lama
berdiri atau juga perusahaan memimpin di pasar saat ini, harus melakukan inovasi agar tidak digeser perusahaan baru yang lebih inovatif
dan efisien. Juga oleh berlakunya perdagangan bebas saat ini, kompetisi bukan
lagi bersifat lokal, tetapi pesaing juga sudah datang dari negara lain dari
belahan dunia lain.
Efek domino keadaan ekonomi juga
makin terasa akhir-akhir ini. Krisis di suatu kawasan ekonomi, akan berdampak
ke kawasan lain dan saling mempengaruhi. Oleh karenanya, order juga
berfluktuasi dan agak sulit diestimasi. Oleh fluktuasi permintaan/order dari
konsumen yang tidak merata setiap bulannya dan juga menghindari stock berlebih
di gudang, maka salah satu cara mengatasi permasalahan tersebut adalah
fleksibilitas dalam jumlah Tenaga Kerja Langsung (Direct Worker).
Agar lebih lincah dengan struktur
organisasi yang lebih sederhana, efisien, biaya yang lebih pasti dan cepat
beradaptasi maka perusahaan cenderung mengerjakan hal-hal yang memberi nilai
tambah (added value) saja atau mengerjakan yang menjadi kompetensi utamanya
saja. Selebihnya dikerjakan oleh pihak
lain. Sehingga suatu saat terjadi prahara ekonomi, mereka tidak menaggung beban
berat dan dapat cepat beradaptasi.
Hal inilah yang mendorong
berkembangnya Jasa Outsource, yaitu memberikan pekerjaan yang bukan kompetensi
utamanya kepada pihak lain. Jasa Outsource sudah menjadi trend di negara maju
dan mulai diadopsi secara luas di negara-negara berkembang. Salah satu Jasa
Outsource yang berkembang itu adalah JASA OUTSOURCE SDM. Sesuai dengan
prinsipnya, SDM Outsource biasanya untuk mengisi posisi-posisi yang tidak
memegang keputusan-keputusan penting.
Jasa Outsource SDM memberikan
efisiensi biaya yang signifikan terutama untuk jangka lama. Beberapa Jasa Outsource
SDM yang telah popular di Indonesia saat ini adalah : Security Guard, Cleaning
Service, Marketing, Sales Promotion, Pengemudi
berikut mobil, Peralatan Berat berikut operatornya, staf pembukuan dan staf Teknologi
Informasi. Bahkan saat ini, Jasa Outsource SDM mulai melakukan spesialisasi.
Melihat peluang di masa depan dan
keyakinan bahwa kami dapat menjadi yang terbaik di bidang ini maka kami, PT. FORESIGHT GLOBAL menyediakan JASA OUTSOURCE SDM.
SEGMENT
Segmentasi JASA OUTSOURCE SDM TouchCareer adalah level
NON-EXECUTIVE (seperti, Cleaning Service, Satpam, Driver ) hingga level JUNIOR
STAFF (seperti Staf Keuangan, sales
promotion, kasir, front office)
BENEFIT UMUM JASA OUTSOURCE SDM
Secara umum, Pengguna Jasa (User)
Outsource SDM akan mendapatkan benefit sebagai berikut :
• Menghilangkan
biaya rekrutmen
; rekruitmen SDM dilakukan oleh Vendor.
•
Dapat mengurangi biaya produksi dari sektor Upah.
Usaha sektoral dengan Upah sektoral lebih tinggi dari UMK dapat tetap membayar upah sebesar UMK sesuai dengan
sektor Jasa.
·
Mengurangi biaya dan resiko
akibat PHK.
Pesangon, uang ganti kerugian dan uang penghargaan masa kerja tidak lagi dibebankan ke User, juga resiko
akibat PHK seperti ketidak-puasan karyawan
yang kena PHK, demonstrasi, dapat
diminimalisir sebab pada dasarnya tenaga kerja terikat kontrak dengan
Vendor.
·
Mengurangi resiko oleh
demonstrasi dan pemogokan buruh.
·
Dapat lebih fokus untuk menangani
core business .Dapat
dimaklumi jika perusahaan mengerjakan semua pekerjaan, seperti pemasaran, produksi, transportasi, catering,
keamanan, cleaning service, dll; maka satu perusahaan akan memiliki banyak
divisi dan struktur organisasi yang
mekar sehingga memerlukan biaya dan supervisi yang mahal.
·
Meringankan
pekerjaan pengurusan karyawan seperti payroll, iuran Jamsostek,
premi kesehatan, PPh 21 dan penanganan kecelakaan kerja.
KEUNGGULAN PT. FORESIGHT GLOBAL
Ada beberapa alasan memilih Jasa Outsource SDM PT. FORESIGHT GLOBAL , yaitu :
- Komitmen kami
bahwa ‘Tidak ada pemotongan upah’ selain yang normatif seperti
Jamsostek dan PPh 21 sehingga SDM tetap nyaman termotivasi.
- Wilayah layanan yang cukup luas. Saat ini PT.
Foresight Global telah memiliki cabang di Tangerang, Karawang, dan Bandung
- No work no pay no fee, dapat diberlakukan.
- Tempat test yang memadai di setiap kantor Cab ,Mengembangkan
kemitraan dengan SDM Outsource dengan penempatan kembali di perusahaan
lain – khusus bagi karyawan yang perfomance-nya baik.
- Bukti pembayaran Iuran Jamsostek diberikan untuk
klien (dibuatkan NPP sendiri untuk
TK > 10 orang).
- Tenaga Kerja Outsource yang ditempatkan telah lulus seleksi (TouchTest).